jejak ajaran Buddha

jejak ajaran Buddha

SPACE IKLAN

SPACE IKLAN

Translate

Rabu, Februari 15, 2012

RPP 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                   :    SD NEGERI 1 SYAILENDRA
Mata pelajaran                   :    Agama Buddha
Kelas / Semester                :    VI / 1
Aspek                                :    Keyakinan (Saddha)   
Pertemuan Ke                    :    1
Standar Kompetensi           :    Mengenal Tujuan Akhir Umat Buddha
Kode Standar Kompetensi :            A
Kompetensi Dasar             :    Meyakini dan menganalisis adanya Nibbana sebagai tujuan akhir umat Buddha
Alokasi Waktu                   :    2 x 45 menit (90 menit)

I.         Indikator
A.    Kognitif
1.      Memahami Nibbana secara dasar
2.      Memahami cara menuju Nibbana
B.     Afektif
1.      Mengembangkan perilaku berkarakter
a.       Religius
b.      Kreatif
c.       Rasa ingin tahu
2.      Ketrampilan social
a.       Bekerja sama dengan orang lain dalam berperilaku prestatif
C.    Psikomotor
1.      Menerapkan perilaku kerja prestatif
II.      Tujuan Pembelajaran
A.    Kognitif
1.      Siswa mampu memahami Nibbana secara dasar
2.      Siswa mampu mengetahui cara menuju Nibbana secara dasar
B.     Afektif
1.      Karakter
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan mampu mengembangkan sikap / karakter diri yang religius, kreatif, dan rasa ingin tahu.
2.      Ketrampilan sosial
Keterlibatan siswa dalam proses permainan diharapkan siswa secara langsung dapat menunjukan sikap kerja sama.
C.    Psikomotor
Siswa mampu menerapkan perilaku kerja prestatif.
III.   Materi Ajar/Bahan Ajar
1.      Mengerti tentang Nibbana dan cara menuju Nibbana.
2.      Siswa dihapkan menjadi memiliki keyakinan terhadap Agama Buddha dan Nibbana.
IV.   Metode Pembelajaran
A.    Pendekatan Pembelajaran     :  pemecahan masalah
B.     Model Pembelajaran             : PAIKEM

V.                 

VI.   Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.      Media Pembelajaran : Ceramah
2.      Bahan dan alat yang digunakan
a.       Modul pelajaran
3.      Sumber belajar
a.       Modul pelajaran
VII.Instrumen Penilaian
A.    Jenis dan Bentuk Penilaian
a.       Jenis         : Tes
b.      Bentuk     : Tertulis
B.     Kisi-kisi, Soal dan validasi soal, kunci jawaban, dan pedoman penilaian
a.       Kisi-kisi (dilampirkan)
b.      Soal dan Validasi Soal (dilampirkan)
c.       Kunci Jawaban (dilampirkan)
d.      Pedoman Penilaian (dilampirkan)
Kab. Semarang, 05 februari 2012
Waka. Kurikulum                                                                       Guru Mata pelajaran



Setyaningsih, S. Ag                                                                   Indra Saputra, S.Pd.B
NIP: 085 729 60 46 79                                                               NIP: 087 037 88 27 21

Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 “Syailendra” Kab. Semarang



Hasto Bramantyo,S. Fil., M. A.
NIP: 0900 989 78788 0001


LEMBAR PENILAIAN

1.      Jelaskan yang dimaksud Nibbana? (poin 20)
2.      Sebutkan Majjhima Patipada (Jalan Mulia Berunsur 8)? (poin 20)
3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Saupadissesa Nibbana? (poin 20)
4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Anupadissesa Nibbana? (poin 20)
5.      Sebutkan dua jalan ekstrim yang tidak diajarkan oleh Sang Buddha? (poin 20)




VALIDASI SOAL-SOAL ULANGAN / TEST


Soal evaluasi ini telah diverifikasi dan divalidasi
berdasarkan kelayakan dan kecukupan materi
berdasarkan kurikulum yang berlaku


Mata Pelajaran            : Agama Buddha
Kelas / Semester          : VI / 1

Pada Tanggal              : …………………………. …….
     
Verifikator & Validator                                        Penyusun Soal,
Guru yang Sejenis                                                 Guru Mapel



Etty Setya Wardhani, S.Pd. B.                          Indra Saputra, S.Pd. B
NIP. 085 740 68 51 04                                         NIP. 087 837 88 27 21

Mengetahui,
Koordinator Normatif Adaptif



 Pachlan, S.Ag.
NIP.  980 889 87 76 42




Kunci Jawaban

1.      Nibbana adalah padamnya kekotoran batin atau tanha. Nibbana adalah tujuan akhir semua umat Buddha.
2.      Jalan Mulia Berunsur 8;
-          Samma Ditthi                    : Pandangan benar
-          Samma Sankappa              : Pikiran Benar
-          Samma Vaca                     : Upacara Benar
-          Samma Kammanta            : Perbuatan Benar
-          Samma Ajiva                     : Penghidupan Benar
-          Samma Vayama                : Daya Upaya Benar
-          Samma Sati                       : Pandangan Benar
-          Samma Samadhi               : Konsentrasi Benar
3.      Saupadisesa Nibbana adalah Nibbana yang masih mengandung sisa-sisa kelompok kehidupan (Pancakkhanda), seperti sewaktu Sang Buddha masih hidup.
4.      Anupadisesa Nibbana adalah Nibbana yang tidak mengandung sisa-sisa kelompok kehidupan, yang dicapai setelah meninggal dunia (Parinibbana).
5.      Dua cara hidup yang ekstrim adalah Pemuasan nafsu yang berlebihan (berfoya-foya) dan Penyiksaan diri.
PEDOMAN PENILAIAN

Setiap jawaban yang betul diberi skor 20
1 (satu) jawaban benar bernilai 10
Kriteria penilaian:       
o    benar                                                               nilai 20
o    mendekati benar                                              nilai 15
o    salah dengan menuliskan jawabanya                 nilai   2
o    tidak menjawab sama sekali                             nilai   0.

Nilai Akhir = jumlah skor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar