RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Alokasi Waktu : 60 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami sikap hormat menghormati, memberi
Salam serta mengenal dan menerapkan doa dalam agama Buddha.
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengenali sikap menghormati dan memberi salam
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian anjali
2. Mengenal sikap anjali
3. Menjelaskan pengertian namaskara
4. Mengenal sikap namaskara
5. Mengenal sikap memberi salam Buddhis
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat melaksanakan sikap hormat
2. Siswa dapat memberi salam Buddhis
II. MATERI PEMBELAJARAN
Sikap menghormati ( anjali, namaskara, salam Buddhis )
III. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Sosio drama
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Doa Pembukaan
Mengulas materi pertemuan yang lalu
B. Kegiatan Inti
1. Menjelaskan pengertian anjali
2. Menjelaskan sikap anjali
3. Menjelaskan pengertian namaskara
4. Membuat kesimpulan
5. Evaluasi, analisa, perbaikan dan pengayaan
A. Kegiatan Akhir
a. Doa Penutup
b. Salam Buddhis
V. ALAT /BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
A. Alat/bahan
Gambar sikap anjali
Gambar sikap namaskara
B. Sumber
1. Buku Paket PAB Kls. I hal 6 -7
2. Buku Pedoman Guru Pendidikan Agama Buddha
VI. PENILAIAN
a. teknik : tertulis
b. bentuk : uraian
Soal :
1. Memberi hormat dengan merangkapkan kedua telapak tangan didepan dada disebut ..
2. Memberi salam Buddhis dengan mengucapkan ...
3. Setiap bertemu Sesama umat Buddha kita memberi ...
4. Bila bertemu umat memberi salam dengan sikap ...
5. Untuk menghormat kepada Triratna dihadapan altar kita melakukan ...
6. Bernamaskara di depan altar ... kali
7. Beranjali, tangan dirangkapkan didepan ...
8. Bernamaskara di depan ...
9. Bertemu teman mengucapkan salam ...
10. Namo Buddhaya terpujilah ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar