RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Alokasi waktu : 60 menit
Standar kopetensi : Memahami hari raya agama buddha
Kopetensi dasar : Mendeskripsikan makna hari raya agama Buddha
Indicator :
- Menyebutkan hari-hari raya agama Buddha
- Menjelaskan makna hari-hari raya agama Buddha
Tujuan :
- Melalui ceramah Siswa dapat menyebutkan hari-hari raya agama Buddha dengan benar
- Melalui ceramah Siswa dapat menjelaskan makna hari raya agama Buddha dengan benar
Materi ajar :
- Hari Khatina
Hari purnama di bulan kattina dapat di pilih salah satu hari dari waktu satu bulan itu untuk menyelenggarakan upacara kathina, maka kathina tidak hanya sehari, tetapi upacara kathina yang diselenggarakan di vihara tempat para bhikkhu menjalani vassa hanya boleh dilaksanakan sekali saja. Umat mempersembahkan jubah dan perlengkapan lain kepada sangha.
- Hari Magapuja
Magha puja memperingati berkumpulnya 1250 bhikkhu arahat yang ditahbiskan sendiri oleh Buddha (ehi bhikkhu) Mereka hadir tanpa diundang dan tanpa kesepakatan terlebih dahulu. Pada kesempatan tersebut Buddha membabarkan ovada patimokkha, esensi ajaran Buddha dan aturan-aturan pokok bagi para bhikkhu.
Metode pembelajaran :
- Ceramah
- Tanya jawab
Langkah-langkah pembelajaran :
- Kegiatan awal
- Apersepsi penyampaian materi
- Freetest : - hari khatina adalah hari raya agama?
- Tujuan pembelajaran : menyampaikan garis besar materi yang akan disampaikan
- Isi : menyampaikan materi pembelajaran yang akan disampaikan
- Kegiatan inti
- Menyebutkan hari raya agama Buddha
- Menjelaskan makna hari raya agama Buddha
- Kegiatan akhir
- Kasimpulan
- Evaluasi
- Tindak lanjut
Sumber belajar :
- Buku pendidikan agama Buddha kls III (tiga)
- Buku tentang hari-hari raya agama Buddha
- Wacana Buddha dharma
Penilaian :
- teknik : tertulis
- bentuk : Esai
- Contoh instrument
- jelaskan makna hari raya khatina….
- Jelaskan makna hari raya magapuja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar